Minggu, 04 Agustus 2013

TRADISI RAMADHAN

Hai.. Selamat pagi buat kamu ^-^. Insyaallah kabarnya baik yaa. Enggak terasa kalau lebaran sebentar lagi, tinggal mengitung hari rasanya. hehe.. tradisi apa yang ada di lingkungan kamu ketika bulan ramadhan atau menjelang lebaran bahkan pada saat lebaran? Nah.. sekarang aku ingin berbagi cerita mengenai tradisi yang ada di lingkungan tempat tinggalku saat bulan ramadhan dan bahkan menjelang lebaran tiba.

1. MALAM KETUPAT


Pada malam ke 15 ramadhan atau malam pertengahan ramadhan, di lingkungan tempat tinggal ku biasa untuk membuat atau menyediakan ketupat yang enak banget dan di makan secara beramai - ramai. Biasanya dimakannya setelah kita semua melaksanakan shalat tarawih di masjid - masjid terdekat. Jadi sangat terasa kebersamaannya ^-^ kamu juga tidak?

2. MALAM KUE


Nah.. kalau yang ini namanya juga malam kue pasti yang di suguhkan juga bermacam - macam kue. Karena kami atau aku khususnya orang betawi jadi yang di bikin juga makanan atau kue - kue betawi. Berhubung ini sebuah tradisi maka yang harus di buat pun kue - kue tradisional. Biasanya kami membuat kue tersebut lalu kemudian kami saling berbagi satu sama lain atau di makan bersama - sama setelah shalat terawih seperti malam ketupat. Kalau tidak salah malam kue ini di laksanakan pada malam ke 20/21 pada bulan ramadhan.

3. TRADISI BERBAGI



Yang terakhir ada tradisi berbagi nih. Mungkin kalau tradisi berbagi bukan hanya di lingkunganku saja, tapi kamu juga ya? ^-^. Aku suka mengantar beberapa makanan atau sembako ke tetangga atau saudara - saudara ku menggunakan rantang biasanya. Setelah makanan atau sembako tersebut aku berikan, biasanya orang tersebut memberi kembali makanan yang dia miliki seperti barter gitu.. hehe

     Nah, itu beberapa tradisi yang sering aku lakukan di lingkungan tempat tinggalku ^-^..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar